Beranda Dunia Waktunya Cristiano Ronaldo Pensiun: Tidak Ada yang Ingin Melihat Pemain Hebat Terus...

Waktunya Cristiano Ronaldo Pensiun: Tidak Ada yang Ingin Melihat Pemain Hebat Terus Mempermalukan Dirinya Sendiri

33
0
Waktunya Cristiano Ronaldo Pensiun: Tidak Ada yang Ingin Melihat Pemain Hebat Terus Mempermalukan Dirinya Sendiri
Waktunya Cristiano Ronaldo Pensiun: Tidak Ada yang Ingin Melihat Pemain Hebat Terus Mempermalukan Dirinya Sendiri

Cristiano Ronaldo mempunyai beberapa amukan yang berkesan selama bertahun-tahun, namun tidak ada yang lebih kekanak-kanakan dan memalukan daripada ledakannya saat Al-Nassr kalah di final Piala Super Saudi melawan Al-Hilal. Ronaldo memberi timnya keunggulan melalui penyelesaian jarak dekat sebelum turun minum, namun pasukan Luis Castro benar-benar menyerah di babak kedua dan mendapati diri mereka berada di pihak yang salah dengan kekalahan 4-1.

Mantan pemain sayap Barcelona Malcom memberikan pukulan terakhir setelah memanfaatkan kesalahan mengerikan dari kiper Al-Nassr Bento, yang membuat Ronaldo berada di tepi jurang. Pemain berusia 39 tahun itu menuduh rekan satu timnya ‘tidur’ saat dia berdiri di tengah lingkaran dengan dua tangan di samping telinganya, sebelum membuat gerakan tidak senonoh yang tampaknya menyiratkan bahwa mereka ‘tidak melakukan apa-apa’.

Itu adalah pemandangan yang menyedihkan. Kapten Al-Nassr, dan pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia, menunjukkan kurangnya kelas dan kesadaran diri ketika mereka sangat membutuhkannya. Masih ada 18 menit waktu normal untuk bermain ketika gol keempat Al-Hilal tercipta, dan meskipun sulit untuk menyamakan kedudukan, Al-Nassr setidaknya bisa menyelamatkan mukanya.

Sayangnya Ronaldo versi ini hanya bermain untuk dirinya sendiri. Bukan suatu kebetulan bahwa Al-Nassr belum memenangkan satu pun trofi sejak kedatangannya pada Januari tahun lalu. Ronaldo benar-benar menyangkal fakta bahwa ia adalah bayang-bayang pemain seperti dulu, dan alih-alih menarik perhatian banyak orang, ia kini malah mengusir mereka dengan perilakunya yang tidak dewasa dan mati-matian mempertahankan relevansinya di era yang sudah lama berlalu.

Semua Tentang Cristiano Ronaldo

Perlu diketahui, Ronaldo telah mencetak 66 gol dalam 72 penampilannya bersama Al-Nassr, sebuah pencapaian yang mengesankan. Namun Liga Pro Saudi bahkan tidak setingkat dengan lima liga top Eropa, meskipun mereka melakukan investasi besar pada nama-nama besar sejak kedatangan Ronaldo.

Ketika Ronaldo bergabung dengan Al-Nassr, mereka berada di puncak liga. Gol-gol penyerang Portugal itu belum membuat mereka menjadi tim yang lebih baik, sebaliknya, segalanya kini tertuju padanya.

Al-Ittihad akhirnya memenangkan gelar 2022-23, sebelum Al-Hilal menyerbu ke puncak klasemen musim lalu, unggul 14 poin dari Al-Nassr tanpa kehilangan satu pertandingan pun. Dan Ronaldo membiarkan rasa frustrasinya menguasai dirinya setelah setiap kemunduran yang merusak.

Pada bulan Februari, Ronaldo diskors karena mengarahkan gerakan cabul kepada penggemar Al-Shabab setelah diejek dengan nyanyian untuk rival abadinya Lionel Messi, dan dua bulan kemudian, ia dikeluarkan dari lapangan karena menyikut bek Ali Al-Bulaihi secara terang-terangan sebagai Al- Nassr kembali mengalami kekalahan melawan Al-Hilal.

Tidak ada yang akan terkejut dengan tindakan Ronaldo pada hari Minggu. Dia bahkan menyerbu terowongan tanpa mengambil medali runner upnya, seolah-olah dia tidak terlibat dalam kegagalan Al-Nassr. Apa contoh yang bisa diberikan kepada para pemain muda di skuad?

READ  Hasil Piala Eropa 2024 22 Juni 2024: Belanda, Prancis, Polandia Hasil Positif!

Ronaldo telah menjadi panutan yang buruk bagi generasi berikutnya, hal yang tidak terpikirkan ketika ia menetapkan standar keunggulan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya di tahun-tahun utama karirnya. Dia juga menjadi sosok yang diejek di media sosial, dan musim 50 gol lainnya untuk Al-Nassr tidak akan mengubah hal itu.

Cristiano Ronaldo Tidak Akan Kemana-mana

Semua itu membawa kita pada pertanyaan kunci dari sebagian besar pecinta sepak bola: mengapa Ronaldo belum pensiun? Trofinya telah mengering dan dia banyak dikritik atas penampilannya selama empat tahun terakhir.

Ada tanda-tanda penurunan yang jelas pada musim terakhir Ronaldo di Juventus sebelum ia melihat kepulangannya yang gemilang di Manchester United dengan cepat berubah menjadi buruk. Terlepas dari semua kebanggaannya untuk mencapai segalanya di sepakbola Eropa, Ronaldo tidak punya pilihan selain pindah ke benua baru. Tidak ada klub top lain yang mau bertaruh pada striker veteran itu setelah kepergiannya dari Old Trafford.

Kesuksesan nyata masih sulit didapat Ronaldo di Timur Tengah, dan kemungkinan besar akan terulang lagi musim ini, karena kesenjangan kualitas antara Al-Nassr dan Al-Hilal sangat besar. Namun, kegagalan selama 12 bulan dan berita utama negatif mungkin tidak akan membawa pencerahan.

“Saya tidak bisa memberikan terlalu banyak tapi saya telah melakukan beberapa hal dengan Cristiano di belakang layar dan dia bermain selama yang dia inginkan,” kata mantan rekan setim Ronaldo di United, Rio Ferdinand, di Rio Reacts pekan lalu. “Dia tidak akan kemana-mana. Dan saya terkesima. Dan dengarkan, Anda akan melihatnya tepat waktu, tapi minimal tiga tahun saya pikir dia akan bermain lagi.”

Lebih banyak penderitaan akan menimpa Portugal

Kontrak Ronaldo saat ini akan berakhir tahun depan, namun Al-Nassr dikabarkan akan mengambil opsi untuk memperpanjang perjanjian tersebut hingga 2026. Dan jika klaim Ferdinand akurat, Ronaldo juga menargetkan satu tempat di skuad Portugal untuk Piala Dunia berikutnya.

Ini akan menjadi sebuah parodi bagi Seleccao jika Ronaldo mendapatkan keinginannya, karena banyaknya talenta muda yang menarik di skuad mereka sekali lagi akan dipaksa untuk mengambil kursi belakang, tetapi sangat mungkin jika Roberto Martinez masih bertanggung jawab. Portugal termasuk di antara favorit pra-turnamen menuju Euro 2024, tetapi berkinerja buruk dalam perjalanan mereka ke perempat final yang menyakitkan di tangan Prancis, dan Ronaldo menjadi starter di setiap pertandingan.

Lulusan akademi Sporting CP itu tidak mencetak satu gol pun, keterlibatannya dalam membangun permainan Portugal secara umum hampir tidak ada, dan eksekusi tendangan bebasnya menyedihkan. Namun dia mendapatkan banyak waktu di depan kamera karena bahasa tubuhnya yang buruk saat dia mengerang pada rekan-rekannya ketika mereka tidak melewatinya dan mengangkat tangannya dengan marah setiap kali serangan tidak menghasilkan apa-apa.

READ  Joao Cancelo menyelesaikan transfer dari Manchester City ke klub Saudi Al Hilal

Seperti yang dilakukannya di Al-Nassr selama 18 bulan terakhir, Ronaldo mempermalukan dirinya sendiri. “Saya pikir cara dia berperilaku di seluruh kompetisi – memainkan pertandingan terakhir melawan Georgia ketika mereka sudah memenangkan grup dan memainkan menit bermain paling banyak dari semua pemain outfield ketika dia sudah tidak sanggup lagi – adalah salah satu yang paling banyak. tindakan keegoisan keterlaluan yang pernah saya lihat dalam pertandingan tim,” kata mantan gelandang Jerman dan Liverpool Dietmar Hamann kepada RTE setelah turnamen. “Jika Anda berperilaku seperti ini di masyarakat, di tempat kerja, atau dalam pertandingan tim maka Anda akan mendapat masalah. Itu menunjukkan dia memainkan permainan individu dalam olahraga tim selama 20 tahun terakhir. Itu menunjukkan betapa bagusnya dia tapi dia hanya bisa melakukannya.” karena dia yang terbaik.”

Bahan bakar nyata Ronaldo

“Hal terpenting dari perjalanan yang saya lalui adalah antusiasme yang masih saya miliki untuk berada di sini,” kata Ronaldo kepada penyiar Portugal RTP ketika ditanya kapan dia akan pensiun dari sepak bola internasional selama Euro. “20 tahun mewakili dan bermain bersama tim nasional, membawa kegembiraan bagi orang-orang, bagi keluarga, anak-anak saya. Itu yang paling memotivasi saya.”

Anda akan kesulitan menemukan penggemar sepak bola yang menikmati menonton Ronaldo berkeliaran di lapangan tanpa tujuan di Jerman. Memang tidak banyak yang bisa dikagumi dari penampilan pemenang Ballon d’Or lima kali itu sejak beberapa bulan pertamanya di Old Trafford, ketika ia mencetak gol penentu kemenangan di menit-menit terakhir yang untuk sementara menutupi fakta bahwa ia telah melemahkan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer. sebagai sebuah kolektif.

Bahan bakar nyata Ronaldo selalu berupa validasi eksternal. Ia paling bahagia ketika berdiri di atas panggung dengan Bola Emas di tangannya, dan gelar liga serta mahkota Liga Champions yang membantunya mendapatkan pengakuan individu itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan.

Tapi dia punya waktu. Hari-hari Ronaldo dan Messi yang bersaing memperebutkan gelar GOAT telah berakhir, dan Messi kini bermain di MLS bersama Inter Miami. Messi juga sedang berada di babak terakhir dalam kariernya, namun tidak seperti Ronaldo, ia menjalani masa tenangnya dengan baik dan menerima bahwa Father Time sedang mengejarnya.

Semakin lama Ronaldo menolak melakukan hal yang sama, semakin besar kerusakan yang dia timbulkan terhadap warisannya. Dia tidak cukup baik untuk lolos dari histrionik yang terus-menerus lagi.

READ  Sejarah Sepak Bola Chile, La Roja dan Kepribadian Penuh Semangat

Ego Cristiano Ronaldo Tidak Terkendali

Gary Neville berpendapat bahwa Ronaldo mungkin tidak mampu melakukan introspeksi seperti itu. “Dinamika hasrat yang luar biasa, perjuangan diri sendiri, determinasi – semua hal yang Anda sukai dari dia [Cristiano Ronaldo] – betapa sombongnya hal itu bagi pemain lain, manajer, dan negara?” kata legenda United di The Overlap setelah kekalahan Portugal di Euro dari Prancis.

“Ada dua hal – satu, pemain terkadang tahu kapan harus melepaskannya, tapi ada beberapa pemain yang tidak melakukannya dan perlu diberitahu tapi ada elemen yang memberitahunya [Ronaldo]. Saya rasa dia tidak mengerti. dalam dirinya.”

Ada terlalu banyak ‘yes men’ di sekitar Ronaldo akhir-akhir ini, seperti Martinez dan Castro, yang bersalah karena mendukungnya. Alhasil, ego Ronaldo kini benar-benar tak terkendali.

GOAL dapat memastikan bahwa sebagian besar media Saudi juga sudah bosan dengan pemain poster negara tersebut saat ia bersiap untuk memulai musim liga baru melawan Al-Raed pada hari Kamis. Ronaldo masih merupakan pembangkit tenaga listrik komersial, tetapi itu tidak berarti dia berhak bermain setiap menit di setiap pertandingan untuk Al-Nassr, yang juga harus mulai mempersiapkan kehidupan setelah Ronaldo; pada saat itu mereka tidak ingin sekadar ikut-ikutan dalam gambaran gelar Liga Pro.

Intinya

Ironisnya, satu-satunya cara bagi Ronaldo untuk mendapatkan sanjungan yang ia dambakan adalah dengan mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola. Kita telah mencapai titik di mana orang-orang menikmati perjuangannya, dan beberapa bab terakhir dari kisahnya akan menjadi bukti bahwa lebih baik mundur dari posisi teratas.

Ronaldo sudah bertahan terlalu lama, tapi dia masih bisa menebus dirinya sendiri. Jika ia akhirnya mengakui bahwa kariernya telah berakhir, dunia dapat merayakan pencapaiannya yang luar biasa dan merenungkan periode emas yang mungkin tidak akan pernah terulang kembali.

Dalam kondisi terbaiknya, Ronaldo adalah penyerang tengah paling brilian yang pernah menghiasi lapangan, dan angka-angka tersebut mendukungnya. Dia tidak jauh melampaui Messi dalam hal kemampuan, namun dia mendorongnya mendekati Messi selama lebih dari satu dekade, dan memberi kita banyak sekali momen tak terlupakan yang akan bertahan dalam ujian waktu.

Orang-orang puritan yang menghargai pengaruh pemain hebat seperti Ronaldo terhadap dunia sepak bola tidak ingin melihat dia terus berusaha memutar waktu. Dia bukan yang terbaik lagi, dan itu tidak masalah. Sedihnya, kita mungkin harus menanggung beberapa tahun lagi penampilan Ronaldo yang membuat ngeri sebelum dia menyadari hal itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here