Beranda Nasional Shakti Burung Garuda Maskot Baru Timnas Indonesia dengan Sarat Simbol

Shakti Burung Garuda Maskot Baru Timnas Indonesia dengan Sarat Simbol

224
0
Shakti Burung Garuda Maskot Baru Timnas Indonesia dengan Sarat Simbol
Shakti Burung Garuda Maskot Baru Timnas Indonesia dengan Sarat Simbol

PSSI telah memilih Shakti sebagai maskot Timnas Indonesia. Shakti, burung Garuda berkepala putih dengan jersey merah, rencananya akan diperkenalkan kepada publik pada 10 September 2024, saat Timnas Indonesia menghadapi Australia dalam laga Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shakti maskot Timnas Indonesia adalah hasil karya Is Yuniarto dan berhasil mengalahkan 387 peserta lainnya melalui proses seleksi ketat. Dari peserta awal, delapan karya terbaik dipilih oleh juri, dan kemudian dilakukan voting terbuka untuk menentukan tiga besar. Shakti bersaing dengan Gatara oleh Hamdan Dwi Prasetya dan Sigara oleh Mohammad Fadel.

Juri penilai terdiri dari Komite Eksekutif PSSI, termasuk Ketua Komite Suporter PSSI Arya Sinulingga, Unggul sebagai Ketua La Grande, Sekjen PNSSI Diky Budi Ramdhan, serta perwakilan Nevertoolavish Mohammad Azka.

Pada acara penjurian tiga besar yang diselenggarakan di Official Garuda Store GBK Jakarta pada Rabu (31/7/2024), ketiga finalis mempresentasikan filosofi dan detail dari karya mereka. Proses penjurian ini disiarkan langsung di akun TikTok dan YouTube Timnas Indonesia.

READ  Hasil Piala Presiden 2024: Kalahkan Persija Jakarta , Persis Solo Raih Juara Ketiga

Shakti: Simbol Identitas Indonesia

Is Yuniarto menjelaskan bahwa Shakti maskot Timnas Indonesia merupakan simbol identitas berbagai wilayah di Indonesia. Maskot ini melambangkan semangat tradisi nusantara, usaha, kekuatan, optimisme, dan kesederhanaan. Shakti dirancang dengan elemen warna Merah Putih yang dominan, mencerminkan pesan dan identitas negara Indonesia.

Shakti memiliki lambang tali perut ikan berwarna biru di dahinya yang merupakan motif ukir khas suku Asmat dari Papua, bernama Afuiyak Wow, yang melambangkan usaha untuk hidup. Bagian sayapnya menampilkan corak batik khas Yogyakarta dan Solo yang dikenal sebagai Batik Gurdo, simbol kekuatan. Mata Shakti terinspirasi dari bentuk mata wayang kulit yang disebut Netra Thelengan, dan paruhnya dihiasi corak ragam hias songket Minang dari Sumatera, dinamakan Pucuak Rabuang.

Shakti Burung Garuda Maskot Baru Timnas Indonesia dengan Sarat Simbol
Shakti Burung Garuda Maskot Baru Timnas Indonesia dengan Sarat Simbol

APA YANG TERJADI?

Timnas Indonesia kini memiliki maskot Timnas Indonesia untuk pertama kalinya setelah peluncuran oleh PSSI pada Jumat (2/8). Setelah melalui proses panjang, karya Is Yuniarto dengan nama ‘Shakti’ terpilih sebagai pemenang. Is Yuniarto berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp50 juta, jersey bertanda tangan pemain timnas, dan paket tiket pertandingan kandang Timnas Indonesia selama satu tahun.

READ  Profil Gustavo Franca Amadio: Bintang Baru Persib dari Brazil

GAMBARAN BESAR

PSSI membuka pendaftaran peserta dari 18 Januari hingga 15 Februari 2024. Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para peserta dengan 388 karya yang dikirimkan. Juri menyeleksi hingga terpilih delapan karya terbaik sebelum ditentukan tiga finalis. Is Yuniarto berhasil mengungguli karya Hamdan Dwi Prasetya, ‘Gatara’, dan Mohammad Fadel, ‘Sigara’.

KONSEP DESAIN

Dalam keterangan di akun Instagram pribadinya, Is menjelaskan bahwa Shakti adalah simbol identitas beragam wilayah di Indonesia yang mencerminkan semangat tradisi nusantara: usaha, kekuatan, optimisme, dan kesederhanaan. Shakti, yang dibalut warna Merah-Putih, membawa semangat juang Indonesia menuju pentas dunia.

“Shakti maskot Timnas Indonesia adalah Garuda muda yang bercita-cita menjadi atlet sepakbola andal di Piala Dunia. Ia memiliki semangat juang tinggi seperti lambang ‘Afuiyak Wow’ di dahinya dan sifat pantang menyerah yang tergambar pada matanya yang fokus pada simbol ‘Pucuak Rabuang’ di paruhnya,” tulis Is.

“Setiap hari, ia tekun berlatih bersama rekan-rekannya, demi mencapai impian dan takdirnya sebagai ‘Garuda Gaganeswara’, Sang Raja Langit, yang akan terbang tinggi menuju laga tingkat dunia.”

READ  Tujuan Serta Target Timnas Indonesia U-20 dalam TC Korea

APA SELANJUTNYA?

PSSI berencana untuk menampilkan Shakti kepada publik sepakbola nasional saat pertandingan kandang pertama melawan Australia di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 September 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here