Beranda Eropa Mencetak Sejarah Baru di Liga Inggris, Manchester City Juara 4 Kali Berturut-turut!

Mencetak Sejarah Baru di Liga Inggris, Manchester City Juara 4 Kali Berturut-turut!

103
0
Man City Juara 4 Kali Beruntun, Rekor Baru dalam Sejarah Liga Inggris
Man City Juara 4 Kali Beruntun, Rekor Baru dalam Sejarah Liga Inggris

Manchester City mencatatkan sejarah dengan juara liga inggris 2023/2024. Tim asuhan Josep Guardiola ini berhasil menjadi juara liga inggris selama empat tahun berturut-turut. Kesuksesan City diraih setelah Phil Foden dan rekan-rekannya mengalahkan West Ham dengan skor 3-1 pada laga pekan terakhir, Minggu (19/5/2024) malam WIB.

Sebelum pertandingan tersebut, Manchester City masih bersaing ketat vs Arsenal. Manchester City memimpin klasemen dengan selisih dua poin dari Arsenal. Jika mereka gagal menang dan Arsenal berhasil mengalahkan Everton, maka Manchester City akan kehilangan gelar. Namun, Manchester City tampil gemilang di kandang sendiri dengan dua gol dari Foden dan satu gol dari Rodri. Gol akrobatik dari Mohammed Kudus sempat memperkecil ketertinggalan West Ham.

Manchester City berhasil mempertahankan keunggulan pada babak kedua dan resmi menjadi juara berhasil mengumpulkan 91 poin, unggul dua poin dari Arsenal yang pada saat bersamaan menang 2-1 atas Everton.

Gelar Keempat Beruntun Manchester City Juara Liga Inggris 2023/2024

Gelar ini semakin menegaskan dominasi Manchester City di Premier League. Pasukan Pep Guardiola sukses menjadi juara untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

READ  Kisah Klub Sepak Bola yang Mendunia Manchester United

Persaingan ketat dari Liverpool pada dua musim pertama dan Arsenal pada dua musim terakhir tidak mampu menghentikan Manchester City dalam mencatatkan sejarah luar biasa ini.

Secara keseluruhan, ini merupakan gelar liga ke-10 dalam sejarah Manchester City, atau yang kedelapan dalam 12 tahun terakhir.

Rekor Manchester City Juara Liga Inggris 2024

Keberhasilan ini, Manchester City mencetak rekor sebagai tim pertama dalam sejarah yang berhasil menjadi juara empat musim berturut-turut pada kasta tertinggi Liga Inggris, baik ketika masih bernama Divisi Utama maupun Premier League.

Di era Premier League yang dimulai sejak 1992, Manchester United masih menjadi tim paling sukses dengan 13 gelar juara. MU sempat mendominasi sepak bola Inggris, namun hanya mampu mencatatkan tiga gelar berturut-turut sebanyak dua kali.

Masterclass Pep Guardiola

Pep Guardiola menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang mampu menjuarai Premier League empat tahun berturut-turut. Sebuah rekor yang luar biasa.

Lebih hebatnya lagi, Guardiola sudah enam kali membawa Manchester City juara Premier League hanya dalam delapan musim ia menukangi Manchester City hingga saat ini.

READ  Sejarah dan Daftar Juara Liga Inggris Hingga Dominasi Klub di Liga Inggris

Dua tim yang berhasil mematahkan dominasi Manchester City asuhan Guardiola dalam delapan musim terakhir adalah Chelsea di musim 2016/2017 dan Liverpool di musim 2019/2020.

Daftar Lengkap Top Skor Premier League 2023/2024

Erling Haaland masih memimpin dalam persaingan pencetak gol di Liga Inggris. Meski tahun ini Haaland kurang produktif dibandingkan musim lalu, ia tetap finis sebagai pencetak gol terbanyak dengan 27 gol.

Pada Minggu, 19 Mei 2024 kemarin, musim panjang Premier League akhirnya berakhir. Manchester City berhasil mempertahankan trofi, sementara Arsenal kembali harus puas di posisi kedua.

The Citizens finis di puncak klasemen Premier League tahun ini meraih 91 poin, unggul tipis dari Arsenal yang mengumpulkan 89 poin. Bukan berarti Arsenal buruk, hanya saja Manchester City terlalu kuat.

Selain persaingan antartim, aksi para penyerang terbaik Premier League dalam mencetak gol juga menarik perhatian. Persaingan top assist Liga Inggris pun tidak kalah menarik.

Persaingan top skor Liga Inggris setiap musimnya selalu seru. Musim lalu, Erling Haaland berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan 36 gol, dan musim ini ia mempertahankan sepatu emas dengan 27 gol.

READ  Bagan Euro 2024: Jadwal Skema Euro 2024 dan Informasi Siapa Lawan Siapa?

Daftar Top Skor Premier League 2023/2024

  1. 27 gol: Erling Haaland (Manchester City)
  2. 22 gol: Cole Palmer (Chelsea)
  3. 21 gol: Alexander Isak (Newcastle)
  4. 19 gol: Ollie Watkins (Aston Villa), Phil Foden (Man City), Dominic Solanke (Bournemouth)
  5. 18 gol: Mohamed Salah (Liverpool)
  6. 17 gol: Son Heung-min (Tottenham)
  7. 16 gol: Bukayo Saka (Arsenal), Jarrod Bowen (West Ham), Jean-Philippe Mateta (Crystal Palace)

Klasemen Premier League 2023/2024

  • Man City (91 Poin)
  • Arsenal (89 Poin)
  • Liverpool (82 Poin)
  • Aston Villa (68 Poin)
  • Tottenham (66 Poin)
  • Chelsea (63 Poin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here